HARI PANGAN SEDUNIA

102

(Adriani, staf Dinas Ketahanan Pangan dan Pendamping KWT Mutiara Hijau, Kota Parepare)

Hari ini sabtu bukanlah hari kerja sebagaimana biasa, namun apakah kita ingat bahwa sabtu hari ini adalah Hari Pangan Sedunia (World Food Day).
Ya, 16 Oktober setiap tahunnya diperingati dihampir 150 negara. Dengan harapan, dunia akan terbebas dari kelaparan global dan gizi buruk.

Dengan peringatan Hari Pangan Sedunia mengajak kita semua untuk lebih sadar akan pentingnya makanan bergizi demi kesehatan. Sejalan dengan tema yang diangkat oleh Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) untuk Hari Pangan Sedunia Tahun 2021 yaitu : “Tindakan kita masa depan kita, produksi yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik, dan hidup yang lebih baik”
(“Our action our future, better production, better nutrition, a better environment and butter life”).
Tema ini menyoroti betapa pentingnya sistem pertanian pangan berkelanjutan untuk membangun dunia yang lebih tangguh dalam menghadapi masa depan.

Dalam situasi masih pandemi Covid-19 ini dan belum bisa memastikan kondisi kedepan, kehadiran Pangan Pekarangan Lestari (P2L) menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah pangan khususnya kebutuhan pangan keluarga. Dengan memanfaatkan pekarangan, lahan tidur yang tidak produktif untuk budidaya tanaman sayuran dan tanaman lainnya bagi kebutuhan keluarga dengan harapan bahwa pekarangan yang termanfaatkan dapat menjadi salah satu penyedia sumber pangan yang bergizi dan memiliki nilai ekonomi.
Parepare,

16 Oktober 2021