Dinas Ketahanan Pangan Parepare Launching Inovasi SIPATOKKONG

40

PAREPARE,  Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan meluncurkan inovasi berbasis online yang dinamai SIPATOKKONG, Nama aplikasi  online berbasis kearifan lokal ini merupakan akronim atau singkatan dari Sistem Informasi Pantau Harga dan Stok Komoditi Pangan(SIPATOKKONG)

Salah seorang staf Dinas Ketahanan Pangan, Andi Nirmala Sari menguraikan, nama SIPATOKKONG merupakan kosa kata bahasa daerah bugis yang berarti, saling menguatkan atau menegakkan dan saling membantu.

“Sama dengan namanya SIPATOKKONG atau saling membantu sehingga sistem informasi berbasis website ini dapat membantu masyarakat dalam mengakses harga dan stok pangan secara aktual dan terpercaya.” ujar Andi Nirmala Sari.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Muhamma Nur, M.Si memberikan apresiasi atas terobosan stafnya itu. Hadirnya aplikasi SIPATOKKONG lanjut dia, dilaunching di bulan peduli pangan sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Pangan Seduni.

“Dengan adanya aplikasi SIPATOKKONG ini tentu Dinas Ketahanan Pangan berupaya untuk membantu masyarakat dalam mengetahui harga pangan yang ada di pasaran secara update tanpa harus ke pasar menanyakan harga-harga komoditi pangan.” ujar Muhammad Nur.

Lanjut Muhammad Nur, terobosan ini juga menjamin keamanan pangan warga sehingga dapat terhindar dari pangan-pangan berbahaya.

“Dengan adanya aplikasi ini tentu Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan berupaya agar harga-harga di Kota Parepare dapat terpantau dengan baik.” tandasnya.

Sumber : Rakyat Sulawesi.com